Maestro BK Indonesia

Maestro BK Indonesia
Prof. Dr. Prayitno, M.Sc.Ed, beliau merupakan maestro BK Indonesia. Beliau menghibahkan seluruh hidupnya untuk kemajuan BK, sehingga dapat kita nikmati dan tekuni ilmunya sampai saat ini.

Monday, June 18, 2012

JURUSAN BPI Fak.Dakwah IAIN SU


BPI kuliahnnya calon Konselor Islami
Oleh: Rizky Andana Pohan
Fakultas dakwah sebagai sebuah fakultas yang cukup mapan dalam sebuah institusi pendidikan islami maupun umum, sudah terbukti dari alumni – alumni nya yang dapat memasuki dunia kerja apapun karena didukung oleh kemampuan soft skill maupun life skills yang memadai.
Bimbingan penyuluhan Islam sebagai salah satu jurusan yang terdepan mengembangkan skill mahasiswa yang mampu berkompetisi di dunia luar, baik dunia pendidikan maupun dunia kemasyarakatan. Meskipun demikian bpi masih memerlukan terobosan – terobosan untuk menunjang  peningkatan kualitas tersebut.  Salah satu terobosan itu adalah bpi diasuh oleh para dosen yang berkompeten dan ahli di bidang psikologi dan konseling islami.
no
Nama dosen
Mata kuliah
1.
Prof. Dr. Lahmudin lubis, MEd
Bimbingan konseling Islami
2.
Drs. Abdurrahman, M.Pd
Bimbingan konseling
3.
Cut metia, MPsi (psikolog)
Psikologi kepribadian
4.
Hj. Ira Wirtati,MPd
Teknik laboratorium konseling
5.
Novi hendri, MPd
Instrument bimbingan konseling
6.
Yenti Arsini, MPd
Bimbingan konseling Islami

Meskipun tidak dipungkiri lagi bpi telah banyak menerobos langkah – langkah jitu dlam pengembangan aspek akademik maupun social kemasyarkatan. Terbukti dengan melakukan kegiatan – kegiatan yang langsung bersebtuhan dengan masyarakat seperti pelaksanaan KKN, pengabdian masyarakat, penelitian ke sekolah maupun lembaga – lembaga panti social.
Berikut adalah data – data kegiatan mahasiswa dan dosen civitas akademika bpi fakultas dakwah iain sumatera utara sepanjang tahun 2011 – januari 2012.
·         Februari 2011 pelaksanaan pengabdian masyarakat mahasiswa bpi stambuk 2009 di desa pamah tambunan kec. Salapian kabupaten langkat.
·         Juli 2011 pelaksanaan pengabdian masyarakat mahasiswa bpi stambuk 2010 di  kuala lama kabupaten serdang bedagai.
·         Juli 2011 pelaksanaan kuliah kerja nyata mahsiswa bpi stambuk 2008 di kabupaten serdang bedagai.
·         Oktober 2011 acara training motivasi mahasiswa bpi yang pematerinya merupakan mahasiswa terbaik bpi sdr qoriza saumiddin lubis merupakan mahasiswa yang alar melintang di organisasi yang mengantarkannya dapat berkeliling nusantara..
·         Nopember 2011 pelaksanaan pelatihan konseling islami dengan tema “ menggali karakter manusia islami melalui bimbingan konseling islami”
·         Desember 2011 pelaksanaan penelitian mahasiswa bpi stambuk 2009 kebeberapa institusi seperti: MAN I MEDAN, UNIVERSITAS NEGERI MEDAN, YAYASAN RUMAH ANAK MADANI. Dengan tujuan penelitian sejauh mana keberhasilan pelaksanaan konseling di istitusi tersebut.
·         Januari 2012 pelaksanaan pengabdian pada masyarakat di desanagur pane, kec sipispis kabupaten Serdang Bedagai.
Ini membuktikan bahwa bpi tidak hanya sebuah jurusan yang hanya mampu secara teori tetapi lebih dari itu mampu untuk menerpakan ilmunya memberikan mamfaat kepada masyarakat. Proses konseling tidak hanya mampu diterapkan di dunia sekolah tetapi mahasiswa bpi sudah selangkah lebih maju mampu menerapkan konseling di masyarakat sekaligus pengemban misi dakwah islami.Oleh karena itu tidak lah berlebihan kiranya penulis sebagai pengamat pendidikan memberikan jargon kepada jurusan bpi “ BPI KULIAHNYA PARA CALON KONSELOR ISLAMI”.                Kritik dan saran: email fb: andana_91@yahoo.co.id
                        Follow twitter: : andana_91@yahoo.co.id




ctatan: bagi para mahasiswa yang ingin bertukar pengalaman mengenai kegiatan pengabdian dan penelitian di masyarakat silahkan langsuang hubungi di jiurusan BPI fakukltas dakwah IAIN SU.

No comments:

Post a Comment