R P L
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN / LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
FORMAT
KLASIKAL TERJADWAL
I.
IDENTITAS
A.
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri Kota Padang
B.
Tahun
Ajaran :
2014/2015, Semester I
C.
Sasaran Pelayanan : Seluruh Siswa
Kelas XI IIS 2
D.
Pelaksana : Rizky
Andana Pohan
E.
Pihak
Terkait : Siswa
II.
WAKTU
DAN TEMPAT
A.
Tanggal : 26 Mei 2014
B.
Jam
Pembelajaran/Pelayanan : (Sesuai Jadwal)
C.
Volume
Waktu (JP) : Masing-masing kelas dialokasikan
waktu 90
menit
(2 x 45 Menit)
D.
Spesifikasi
Tempat Belajar :
Ruang kelas XI IIS 2
III.
MATERI
PEMBELAJARAN
A.
Tema/Subtema : 1. Tema :
Berteman yang menyenangkan
2. Subtema :
Pandai-pandailah dalam memilih teman
B.
Sumber
Materi : Hadis
Rasulullah dan Fenomena-fenomena sosial
IV.
TUJUAN/ARAH
PENGEMBANGAN
A.
Pengembangan
KES : Agar siswa mampu berteman dengan cara
yang baik dan menyenangkan.
B.
Penanganan KES-T : Untuk mencegah
siswa tidak terjerumus pada pergaulan yang kurang baik.
V.
METODE
DAN TEKNIK
A.
Jenis
Layanan : Layanan Informasi
(Format klasikal)
B.
Kegiatan
Pendukung :
- - - - -
VI.
SARANA
A.
Media : Beberapa
bahan bacaan, video.
B.
Perlengkapan : Infocus,
bahan bacaan dan tayangan film.
VII.
SASARAN
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN / PELAYANAN
Diperolehnya hal-hal baru oleh
siswa terkait KES (Kehidupan Efektif Sehari-hari) dengan unsur-unsur AKURS
(Acuan, Kompetensi, Usaha, Rasa, Sungguh-sungguh).
A.
KES
1. Acuan ( A
) : Perlunya
siswa berteman dengan cara yang baik dan dengan orang yang
baik.
2. Kompetensi
(
K ) : Kemampuan siswa untuk
mampu mengendalikan diri dalam setiap pergaulan hidup.
3. Usaha ( U
) : Siswa
mampu menemukan cara yanbg efektif dalam bergaul.
4. Rasa ( R
) : Perasaan positif dan dinamis dalam berteman dan bergaul.
5. Sungguh-sungguh ( S ) :
Bersungguh-sungguh dan positif dalam bergaul dan berteman sehingga akan
menguntungkan diri sendiri dan orang lain.
B.
KES-T,
yaitu terhindarkannya kehidupan efektif
sehari-hari yang terganggu, dalam hal :
1. Menghindari
pola pergaulan bebas yang kurang dan tidak baik.
2. Terjerumus pada hal-hal negatif yang timbul akibat salah
pergaulan.
C.
Ridho Tuhan, Bersyukur, Ikhlas dan Tabah :
Memohon ridho
Tuhan Yang Maha Esa untuk suksesnya siswa dalam
berlatih dan mempratikkan bagaimana menyusun jadwal dengan
kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan produktif.
VIII.
LANGKAH
KEGIATAN
A. LANGKAH
PENGANTARAN
1.
Mengucapkan salam dan
mengajak siswa berdoa.
2.
Mengecek kehadiran siswa, dan mengajak
mereka berempati kepada siswa yang tidak hadir.
3.
Mengajak dan
membimbing
siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran/ pelayanan dengan penuh perhatian,
semangat dan penampilan dengan melakukan kegiatan berpikir, merasa, bersikap,
bertindak dan bertanggung jawab (BMB3) berkenaan dengan materi pembelajaran/
pelayanan yang akan dibahas.
4.
Menyampaikan arah materi pokok
pembelajaran, yaitu dengan tema “ Berteman yang
menyenangkan”
5.
Menyampaikan tujuan pembahasan yaitu:
a. Agar siswa mampu berteman dengan cara yang positif.
b. Siswa
dapat memahami dan menjalankan cara berteman yang menyenangkan.
B. LANGKAH
PENJAJAKAN
1. Menanyakan
kepada siswa bagaimana cara mereka berteman
2. Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan para
pendapat mereka.
3. Menayangkan
Hadis mengenai Berteman.
4. Meminta respon siswa akan hadis dan materi yang diberikan.
C. LANGKAH
PENAFSIRAN
1. Membahas tanggapan siswa tentang
materi tersebut.
2. Siswa
diberi kesempatan untuk menanyakan atau merespon materi tentang hadis, Materi, Video dan respon siswa tersebut dijawab dan
diberikan ulasan secara umum serta diberikan
pemahaman-pemahaman yang akan dibahas lebih lanjut.
D. LANGKAH
PEMBINAAN
Materi
penjajakan dan penafsiran yang mendapat penekanan atau penegasan dalam langkah
pembinaan melalui pengisian dan pembahasan materi tersebut:
1. Siswa
diberikan cara bergaul yang positif.
2. Siswa diajak untuk merefleksikan pertemanan yang mereka lakukan.
3. Siswa
dipersilahkkan mengemukakan dan tata krama dalam pergaulan
4. Membahas
secara mendalam seluruh tanggapan siswa.
5. Siswa
diajak membuat daftar-daftar teman
mereka dan mereka diminta untuk mengklasifikasikaknya berdasarkan usia,
pekerjaan, maupun latar belakangnya.
E. LANGKAH
PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1.
Penilaian
Hasil
Di akhir proses pembelajaran /
pelayanan siswa diminta merefleksikan (secara lisan dan atau tertulis) apa yang
mereka peroleh dengan pola BMB3 dalam unsur-unsur AKURS:
a. Berfikir: Siswa berpikir mengenai pertemanan yang telah mereka lalui. (Unsur A).
b. Merasa: Perasaan mereka berteman dengan teman-teman mereka.. (Unsur R).
c.
Bersikap: Sikap mereka dalam
menghadapi pergaulan yang kurang baik. (Unsur K dan U).
d. Bertindak: Bagaimana siswa
bertindak dalam menghadapi arus pergaulan yang semakin dinamis. (Unsur K dan U).
e. Bertanggung Jawab: Bagaimana
siswa mampu bertanggung jawab atas pergaulan yang mereka
jalani, sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
(Unsur S).
2.
Penilaian
Proses
Melalui pengamatan dilakukan
penilaian proses pembelajaran/ pelayanan
untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas siswa dan efektifitas pembelajaran/ pelayanan yang telah
diselenggarakan dengan dinamika BMB3.
3.
LAPELPROG
dan Tindak Lanjut
Setelah kegiatan pembelajaran
atau pelayanan selesai, disusunlah Laporan Pelaksanaan Program Layanan (LAPELPROG) yang
memuat data penilaian hasil dan proses, dengan disertai arah tindak lanjutnya.
Padang,
September
Guru
Pembimbing
Rizky Andana
Pohan
No comments:
Post a Comment