Maestro BK Indonesia

Maestro BK Indonesia
Prof. Dr. Prayitno, M.Sc.Ed, beliau merupakan maestro BK Indonesia. Beliau menghibahkan seluruh hidupnya untuk kemajuan BK, sehingga dapat kita nikmati dan tekuni ilmunya sampai saat ini.

Friday, September 26, 2014

contoh RPL Harian BK



R P L
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN / LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

FORMAT KLASIKAL TERJADWAL

I.          IDENTITAS
A.      Satuan Pendidikan                            : SMA Negeri  Kota Padang
B.       Tahun Ajaran                                    : 2014/2015, Semester I
C.      Sasaran Pelayanan                            : Seluruh Siswa Kelas XI IIS 2
D.      Pelaksana                                           : Rizky Andana Pohan
E.       Pihak Terkait                                     : Siswa

II.          WAKTU DAN TEMPAT
A.      Tanggal                                              : 26 Mei 2014
B.       Jam Pembelajaran/Pelayanan          : (Sesuai Jadwal)
C.      Volume Waktu (JP)                          : Masing-masing kelas dialokasikan waktu 90
   menit (2 x 45 Menit)
D.      Spesifikasi Tempat Belajar               : Ruang kelas XI IIS 2

III.          MATERI PEMBELAJARAN
A.      Tema/Subtema                       : 1. Tema         : Berteman yang menyenangkan
2. Subtema     : Pandai-pandailah dalam memilih teman
B.       Sumber Materi                      : Hadis Rasulullah dan Fenomena-fenomena sosial

IV.          TUJUAN/ARAH PENGEMBANGAN
A.      Pengembangan KES : Agar siswa mampu berteman dengan cara yang baik dan menyenangkan.
B.       Penanganan KES-T  : Untuk mencegah siswa tidak terjerumus pada pergaulan yang kurang baik.



V.          METODE DAN TEKNIK
A.      Jenis Layanan            :  Layanan Informasi (Format klasikal)
B.       Kegiatan Pendukung            :  - - - - -

VI.          SARANA
A.    Media             : Beberapa bahan bacaan, video.
B.     Perlengkapan            : Infocus, bahan bacaan dan tayangan film.

VII.          SASARAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN / PELAYANAN
Diperolehnya hal-hal baru oleh siswa terkait KES (Kehidupan Efektif Sehari-hari) dengan unsur-unsur AKURS (Acuan, Kompetensi, Usaha, Rasa, Sungguh-sungguh).

A.        KES                   
1.    Acuan ( A )      : Perlunya siswa berteman dengan cara yang baik dan dengan orang yang baik.

2.    Kompetensi ( K ) : Kemampuan siswa untuk mampu mengendalikan diri dalam setiap pergaulan hidup.

3.    Usaha ( U )     : Siswa mampu menemukan cara yanbg efektif dalam bergaul.

4.    Rasa ( R )        : Perasaan positif dan dinamis dalam berteman dan bergaul.

5.    Sungguh-sungguh ( S ) : Bersungguh-sungguh dan positif dalam bergaul dan berteman sehingga akan menguntungkan diri sendiri dan orang lain.

B.        KES-T, yaitu terhindarkannya kehidupan efektif sehari-hari yang terganggu, dalam hal :

1.    Menghindari pola pergaulan bebas yang kurang dan tidak baik.

2.    Terjerumus pada hal-hal negatif yang timbul akibat salah pergaulan.


C. Ridho Tuhan, Bersyukur, Ikhlas dan Tabah           :
Memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa untuk suksesnya siswa dalam berlatih dan mempratikkan bagaimana menyusun jadwal dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan produktif.

VIII.          LANGKAH KEGIATAN
A.       LANGKAH PENGANTARAN
1.         Mengucapkan salam dan mengajak siswa berdoa.
2.         Mengecek kehadiran siswa, dan mengajak mereka berempati kepada siswa yang tidak hadir.

3.         Mengajak dan membimbing siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran/ pelayanan dengan penuh perhatian, semangat dan penampilan dengan melakukan kegiatan berpikir, merasa, bersikap, bertindak dan bertanggung jawab (BMB3) berkenaan dengan materi pembelajaran/ pelayanan yang akan dibahas.

4.         Menyampaikan arah materi pokok pembelajaran, yaitu dengan tema “ Berteman yang menyenangkan”

5.         Menyampaikan tujuan pembahasan yaitu:

a.       Agar siswa mampu berteman dengan cara yang positif.
b.      Siswa dapat memahami dan menjalankan cara berteman yang menyenangkan.
                       
B.       LANGKAH PENJAJAKAN
1.    Menanyakan kepada siswa bagaimana cara mereka berteman

2.    Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan para pendapat mereka.
3.    Menayangkan Hadis mengenai Berteman.
4.    Meminta respon siswa akan hadis dan materi yang diberikan.
                           
C.       LANGKAH PENAFSIRAN
1.    Membahas tanggapan siswa tentang materi tersebut.
2.    Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan atau merespon materi tentang hadis, Materi, Video dan respon siswa tersebut dijawab dan diberikan ulasan secara umum serta diberikan pemahaman-pemahaman yang akan dibahas lebih lanjut.

D.      LANGKAH PEMBINAAN
Materi penjajakan dan penafsiran yang mendapat penekanan atau penegasan dalam langkah pembinaan melalui pengisian dan pembahasan materi tersebut:

1.    Siswa diberikan cara bergaul yang positif.
2.    Siswa diajak untuk merefleksikan pertemanan yang mereka lakukan.

3.    Siswa dipersilahkkan mengemukakan dan tata krama dalam pergaulan

4.    Membahas secara mendalam seluruh tanggapan siswa.
5.    Siswa diajak membuat daftar-daftar teman mereka dan mereka diminta untuk mengklasifikasikaknya berdasarkan usia, pekerjaan, maupun latar belakangnya.


E.       LANGKAH PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1.         Penilaian Hasil
Di akhir proses pembelajaran / pelayanan siswa diminta merefleksikan (secara lisan dan atau tertulis) apa yang mereka peroleh dengan pola BMB3 dalam unsur-unsur AKURS:

a.       Berfikir: Siswa berpikir mengenai pertemanan yang telah mereka lalui. (Unsur A).
b.      Merasa: Perasaan mereka berteman dengan teman-teman mereka.. (Unsur R).
c.       Bersikap:  Sikap mereka dalam menghadapi pergaulan yang kurang baik. (Unsur K dan U).
d.      Bertindak: Bagaimana siswa bertindak dalam menghadapi arus pergaulan yang semakin dinamis. (Unsur K dan U).
e.       Bertanggung Jawab: Bagaimana siswa mampu bertanggung jawab atas pergaulan yang mereka jalani, sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. (Unsur S).

2.         Penilaian Proses
Melalui pengamatan dilakukan penilaian proses pembelajaran/ pelayanan untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas siswa dan efektifitas pembelajaran/ pelayanan yang telah diselenggarakan dengan dinamika BMB3.

3.         LAPELPROG dan Tindak Lanjut
Setelah kegiatan pembelajaran atau pelayanan selesai, disusunlah Laporan   Pelaksanaan Program Layanan (LAPELPROG) yang memuat data penilaian hasil dan proses, dengan disertai arah tindak lanjutnya.

                                                                                                        
                                                                                                       Padang,   September
                                                                                                       Guru Pembimbing

                                                                                                Rizky Andana Pohan
                                                                       






No comments:

Post a Comment