NEED
ASESMENT (ANALISIS KEBUTUHAN) PESERTA DIDIK
I.
AUM UMUM
Berdasarkan data
pengolahan AUM UMUM kelompok dapat dilihat persentase permasalahan yang dialami oleh siswa berdasarkan bidang
permasalahan dalam AUM UMUM, diurutkan dari persentase tertinggi sampai terndah
sehingga akan lebih mudah ditentukan prioritas pelayanan bantuan yang akan
diberikan yaitu:
a. Pendidikan
dan Pelajaran (PDP) = 31, 70 %
b. Karir
dan Pekerjaan (KDP) = 16,60 %
c. Diri
Pribadi =
12,83 %
d. Jasmani
dan Kesehatan (JDK) = 12,08 %
e. Agama
Nilai dan Moral (ANM) = 7,92 %
f. Keadaan
dalam Keluarga (KHK) = 7,04 %
g. Hubungan
Sosial (HSO) = 4,65 %
h. Ekonomi
dan Keuangan (EDK) = 2,64 %
i.
Hubungan Muda-mudi (HMM) = 2,52 %
j.
Waktu Senggang (WSG) = 2,01 %
Berdasarkan
urutan tersebut bidang pendidikan dan pelajaran merupakan bidang masalah yang
paling banyak dialami oleh seluruh siswa. Oleh sebab itu skala prioritas pelayanan
bantuan yang akan dibuat dalam programa akan dirujuk berdasarkan analisis
urutan bidang-bidang tersebut. Jika dirujuk berdasarkan item-item masalah maka
didapatkan hasilnya sebagai berikut:
1. No.
8 (15 orang) yaitu: kurang memiliki pengetahuan tentang pekerjaan
2. No.
10 (12 orang) yaitu: khawatir pekerjaan nantinya tidak cukup untuk kebutuhan
3. No.
69 (18 orang) yaitu: khawatir memperoleh nilai rendah dalam ujian/tugas
4. No.70
(13 orang) yaitu: Kesulitan dalam mengingat materi pelajaran
5. No.
78 (10 orang) yaitu: Mudah lupa
6. No.
66 (15 orang) yaitu: kesulitan dalam memahami bahasa Inggris/ asing
7. No
39 (17 orang) yaitu: cemas setamat sekolah ini akan menganggur
8. No
40 (12 orang) yaitu: ragu apakah setamat pendidikan ini dapat bekerja secara
mandiri.
9. No.
44 (11 orang) yaitu: khawatir tugas pelajaran hasilnya kurang memuaskan
10. No.
43 (10 orang) yaitu: kurang konsentrasi dalam mengikuti pelajaran
Analisis
skala prioritas berdasarkan masalah yang dialami siswa per individu adalah sbb:
No.
|
Nama
|
Prosentase jumlah masalah
|
Masalah berat
|
1.
|
IA
|
30.2 %
|
4
|
2.
|
SA
|
25.8 %
|
8
|
3.
|
BA
|
24.4 %
|
4
|
4.
|
FO
|
22.2 %
|
4
|
5.
|
MP
|
21.8 %
|
-
|
6.
|
AA
|
20.9 %
|
7
|
7.
|
SE
|
20.9 %
|
-
|
8.
|
PA
|
19.6 %
|
4
|
9.
|
AK
|
19.1 %
|
-
|
10.
|
RAP
|
17.3 %
|
-
|
11.
|
MV
|
13.0 %
|
2
|
12.
|
TR
|
12.0 %
|
5
|
13.
|
EW
|
12.0 %
|
1
|
14.
|
TZ
|
12.0 %
|
-
|
15.
|
RS
|
10.2 %
|
-
|
16.
|
DP
|
9.30 %
|
7
|
17.
|
RK
|
9.30 %
|
4
|
18.
|
DPP
|
8.40 %
|
-
|
19.
|
APN
|
8.00 %
|
6
|
20.
|
RD
|
7.60 %
|
3
|
21.
|
MT
|
7.60 %
|
-
|
22.
|
FZ
|
7.10 %
|
3
|
23.
|
NH
|
5.80 %
|
1
|
24.
|
RF
|
4.40 %
|
-
|
25.
|
FA
|
4.00 %
|
1
|
26.
|
FEB
|
|
|
27.
|
DS
|
|
|
28.
|
AAA
|
|
|
29.
|
IR
|
|
|
30.
|
RA
|
|
|
Berdasarkan
gambaran masalah secara umum yang dialami oleh siswa kelas XI IIS 2 tersebut,
maka program pelayanan yang dapat direncanakan adalah:
1.
Layanan Konseling Individual
2.
Layanan Bimbingan Kelompok Bebas dan
Tugas dengan topik keterampilan Belajar, perencanaan masa depan dan cita-cita.
3.
Layanan Konseling Kelompok membahas
masalah setiap anggota kelompok menyangkut hasil AUM Umum.
4.
Layanan Informasi dengan topik Orientasi
BK, Keterampilan Belajar, Pemahaman diri, menabung untuk masa depan, Persiapan
menghadapi Ujian, aku dan keluargaku, mensyukuri Nikmat dll
5.
Layanan Mediasi, dimungkinkan jika ada
msalah siswa yang diharuskan untuk di mediasi baik dengan teman maupun guru
bidang studi.
6.
Layanan Penguasaan Konten, Keterampilan
belajar meliputi, pra, sedang, dan pasca pembelajaran.
7.
Layanan penempatan dan penyaluran,
penyaluran Hobi, minat, kursi tempat duduk, penyesuaian dengan cita-cita.
II.
AUM PTSDL
Berdasarkan
hasil pengolahan AUM PTSDL maka terungkap bahwa secara keseluruhan masalah yang
dialami oleh siswa adalah sbb:
a.
Bidang keterampilan belajar (T) dengan
jumlah masalah keseluruhan adalah 648 dengan persentase rata-ratanya 48,11 %.
b.
Bidang diri pribadi (D) dengan jumlah
masalah keseluruhan adalah 235 dengan persentase rata-rata sebesar 17,45 %.
c.
Bidang lingkungan fisik dan sosio
emosional dengan jumlah masalah keseluruhan adalah 217 dengan persentase
rata-rata sebesar 16,11 %.
d.
Bidang prasayarat penguasaan materi
pelajaran (P) dengan jumlah masalah keseluruhan adalah 137 dengan persentase
rata-rata sebesar 10,17 %.
e.
Bidang sarana belajar dengan jumlah
masalah keseluruhan adalah 110 dengan persentase rata-rata sebesar 8,17 %.
Dengan
melihat data di atas dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa mengalami masalah
terbesar pada bidang keterampilan belajar yang hampir mencapai 50 % dari semua
bidang masalah. Jika dilihat dari mutu kegiatan belajar juga terlihat sangat
rendah, dari mutu maksimal yang bisa diperoleh 330, sedangkan skor maksimal
secara umum yang mampu diperoleh siswa adalah sebesar 174.
Analisis
per individu berdasarkan skala prioritas dari hasil AUM PTSDL adalah:
No.
|
Nama
|
Skor Mutu Kegiatan
Belajar
|
Jumlah Masalah
|
1.
|
MP
|
77
|
56
|
2
|
FA
|
81
|
45
|
3
|
FZ
|
88
|
72
|
4
|
IA
|
89
|
44
|
5
|
TZ
|
89
|
53
|
6
|
MT
|
91
|
65
|
7
|
SE
|
92
|
55
|
8
|
TR
|
94
|
60
|
9
|
RF
|
94
|
52
|
10
|
AK
|
101
|
54
|
11
|
APN
|
110
|
71
|
12
|
DP
|
112
|
65
|
13
|
AA
|
112
|
63
|
14
|
IR
|
120
|
42
|
15
|
RA
|
121
|
59
|
16
|
MV
|
121
|
52
|
17
|
FO
|
122
|
51
|
18
|
DP
|
123
|
62
|
19
|
SA
|
123
|
54
|
20
|
NH
|
134
|
53
|
21
|
RK
|
137
|
61
|
22
|
BA
|
137
|
44
|
23
|
RD
|
142
|
54
|
24
|
PA
|
172
|
44
|
25
|
EW
|
174
|
16
|
26
|
FEB
|
|
|
27
|
DS
|
|
|
28
|
AAA
|
|
|
29
|
FZ
|
|
|
30
|
RAP
|
|
|
Dengan
melihat dan memahami data tersebut pelayanan BK yang dapat direncanakan untuk
diprogramkan dan dilaksanakan untuk meningkatkan mutu kegiatan belajar siswa
dan mengurangi masalah yaitu:
1.
Layanan Informasi dengan topik
keterampilan belajar, tenggang rasa, berteman yang menyenangkan dan
menguntungkan
2.
Layanan bimbingan kelompok tugas dan
bebas
3.
Layanan penguasaan Konten keterampilan
belajar
4.
Layanan konsultasi,
5.
Layanan Mediasi
6.
Layanan Orientasi
III.
Sosiometri
A.
Sosiometri Belajar
Berdasarkan
hasil sosiometri belajar, maka ditemukan fenomena sbb:
1.
Siswa yang paling diusukai dalam belajar
ialah Perdana Andi
2.
Siswa yang saling memilih sebanyak 3
pasangan yaitu: Reksa dengan Tania asumsinya karena mereka satu tempat duduk.
Kemudian Ayu dengan Dewi asumsi sementara karena mereka juga satu tempat duduk.
Selanjutnya Elsi dengan Melati asumsi sementara krena mereka juga duduk satu
tempat duduk.
3.
Siswa yang tidak dipilih Robby, Adit, M.Tyo,
Imam, Resti, Bimo, dan Maya.
4.
Terbentuknya sedikitnya empat kelompok
berdasarkan hasil sosiometri tsb.
B.
Sosiometri bermain
Berdasarkan
hasil sosiometri bermain, maka ditemukan fenomena sbb:
1.
Siswa yang paling disukai dalam bermain
ialah Resti Agustina dengan yang memilih sebanyak: 4
orang siswa, kemudian disusul oleh : Perdana Andri dengan yang memilih
sebanyak : 3 orang
2.
Siswa yang salaing memilih yaitu : Ayu
dengan Dewi (Satu tempat duduk), kemudian Elsi dengan M.Tyo, kemudian Resti
dengan Salsa.
3.
Berdasarkan hasil ini dapat ditemukan
bahwa tidak terbentuk kelompok yang begitu dominan dalam hubungan sosial
bermain, interaksi terlihat begitu menyeluruh.
Berdasarkan
analisis sosiometri di atas, maka program pelayanan BK yang dapat direncanakan
adalah:
1.
Layanan Konseling Individual
2.
Layanan Bimbingan Kelompok Bebas
3.
Layanan Bimbingan kelompok tugas, dengan
topik, hubungan sosial, berteman yang mengasyikkan, belajar yang menyenangkan,
keterampilan belajar, menghormati setiap perbedaan.
4.
Layanan Mediasi, jika dimungkinkan siswa
yag mengalami permasalahn di dalam kelas, dan segera untuk di mediasi.
5.
Layanan Informasi dengan topik, Aku,
diriku dan lingkunganku, kepdulian sosial, kerjasama, Hubungan Muda-mudi
6.
Layanan Orientasi, pegenalan diri
sendiri, mengenal teman, guru, dengan berbagai karakter yang ada.
7.
Layanan Penempatan dan penyaluran
mengenai Hobi, minat, bakat, yang sesuai dengan yang diharapkan oleh para
siswa.
8.
Layanan Konsultasi.
IV.
Absensi
Rekab
absensi merupakan salah satu data yang didapatkan untuk membuat analisis
kebutuhan. Absensi merupakan gambaran awal siswa dalam melaksanakan proses
pembelajaran, meskipun absensi tidak begitu valid menggambarkan keadaan diri
siswa tanpa dibantu oleh data-data lainnya, oleh sebab itu konselor melakukan
analisis absensi dan membuat prioritas siswa yang akan dilayanani berdasarkan
banyaknya absensi yang dilakukan siswa tsb. Berikut gambarannya:
No.
|
Nama
|
Agust
|
Sept
|
Okt
|
Nop
|
Desem
|
Jmlh
|
||||||||||||
S
|
I
|
A
|
S
|
I
|
A
|
S
|
I
|
A
|
S
|
I
|
A
|
S
|
I
|
A
|
S
|
I
|
A
|
||
1.
|
FO
|
|
|
|
-
|
-
|
4
|
-
|
-
|
5
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
9
|
2.
|
DS
|
|
|
|
-
|
-
|
3
|
-
|
-
|
4
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
7
|
3.
|
RAP
|
|
|
|
1
|
-
|
3
|
-
|
1
|
3
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
6
|
4.
|
AAA
|
|
|
|
-
|
-
|
2
|
-
|
-
|
2
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
4
|
5.
|
AK
|
|
|
|
-
|
-
|
2
|
1
|
-
|
1
|
|
|
|
|
|
|
1
|
-
|
3
|
6.
|
TZ
|
|
|
|
-
|
-
|
3
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
3
|
7.
|
RA
|
|
|
|
-
|
-
|
3
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
3
|
8
|
BA
|
|
|
|
-
|
-
|
3
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
3
|
9.
|
SE
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
2
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
3
|
10.
|
TR
|
|
|
|
2
|
-
|
1
|
-
|
-
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
-
|
2
|
11.
|
PA
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
1
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
2
|
12.
|
FEB
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
2
|
13.
|
AA
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
1
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
2
|
14.
|
FZ
|
|
|
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
1
|
-
|
1
|
15.
|
IA
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
1
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
2
|
16.
|
DPP
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
-
|
5
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
5
|
1
|
17.
|
SA
|
|
|
|
-
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
1
|
1
|
18.
|
DP
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
19.
|
IR
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
20.
|
MV
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
21.
|
MT
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
22.
|
NH
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
23.
|
RK
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
24.
|
RF
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
25.
|
RD
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
26.
|
RS
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
1
|
27.
|
MP
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
1
|
-
|
-
|
28.
|
EW
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
29.
|
FA
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
30.
|
APN
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
Itulah berupa gambaran awal mengenai keadaan absensi
siswa, Adapaun beberapa latar belakang sementara yang bisa dihimpun daan
observasi awal diketahui bahwa mereka yang tidak hadir adalah, karena bermain
warnet, terlambat, sakit, kegiatan pramuka, terlambat bangun. Itulah data awal
yang konselor dapatkan, oleh sebab itu rencana program yang dapat diprogramkan
antara lain:
- Layanan Konseling Individual membahas masalah siswa secara pribadi
- Layanan Bimbingan kelompok dengan topik tugas yaitu: kedisiplinan, manajemen waktu, manajemen diri.
- Layanan Konseling Kelompok membahasa masalah pribadi siswa menyangkut kehadiran bersama-sama dalam kelompok
- Layanan Informasi dengan topik manfaat belajar, harapan masa depan, keterampilan belajar, makanan yang bergizi, berolahraga dan cara hidup sehat, dll
- Layanan Advokasi jika dibutuhkan
- Layanan Mediasi jika dimungkinkan dan dibutuhkan
- Kunjungan Rumah
- Layanan Penempatan dan penyaluran
- Tampilan kepustakaan, materi yang sesuai dengan masalah siswa
V.
Hasil belajar
Analisis
kebutuhan siswa dalam pembuatan program juga tidak terlepas dari nilai hasil
belajar siswa. Hasil belajar siswa yang diambil berupa nilai ujian tengah
semester siswa. Dari hasil analisis hasil belajar diketahui beberapa siswa
mempunyai catatan-catatan sikap pada beberapa mata pelajaran.
Adapun
beberapa masalah yang dialami siswa berdasarkan data hasil belajar adalah:
1.
Nilai sikap, kognitif dan psikomotorik
yang dibawah KKM
2.
Tidak ikut serta mengikuti ujian ulangan
harian
3.
Tidak melengkapi tugas berupa catatan,
LKS, maupun remedial yang dilakukan.
4.
Kehadiran mengikuti pembelajaran
5.
Kebiasaan tidur di kelas, dll
Itulah
beberapa gambaran siswa yang didapat dari hasil belajar ujian tengah semester,
hasil ini juga didapat dengan konsultasi dengan beberapa guru yang
bersangkutan.
Beberapa
layanan tepat yang akan dilakukan antara lain:
1.
Layanan Konseling Individual berdasarkan
prioritas siswa-siswa yang mendapat catatn kurang baik.
2.
Layanan bimbingan kelompok topik bebas
dan topik tugas, misalnya keterampilan belajar, manajemen waktu, dll
3.
Layanan Konseling kelompok membahas
permasalahan pribadi siswa yang menyangkut hasil belajar.
4.
Layanan informasi misalnya dengan tema: strategi
belajar, manajemen belajar, kunci ilmu pengetahuan, dll
5.
Layanan Penguasaan Konten misalnya
membaca cepat, melengkapi catatan, konsentrasi, percaya diri, dll
6.
Layanan Advokasi
7.
Layanan Mediasi
8.
Layanan penempatan dan penyaluran
misalnya menempatkan siswa untuk mengikuti les tambahan, diskusi kelompok
belajar dll
9.
Koordinasi terus dilakukan diskusi
profesional dengan guru mapel, wali kelas, maupun guru BK, dalam rangka
membahas solusi kelemahan dan kekurangan siswa asuh.
No comments:
Post a Comment